Web E-Learning
SMK Pancasila 8 Slogohimo


Website E-Learning Sekolah ini bertujuan untuk mempermudah siswa/i dalam pembelajaran, interaksi antara siswa/i dengan bahan/materi, siswa/i dengan guru maupun sesama siswa/i. Siswa dapat dengan mudah mempelajari materi yang disediakan.

Untuk dapat mengakses situs e-learning ini secara keseluruhan silahkan login terlebih dahulu.


Lihat Materi       Latihan Soal

Selamat sore semuanya, belajar lagi yuk..


Soal-soal Latihan (Untuk Mengisi Silahkan Login)

Kelas : | Semester : | Pelajaran :


1.


 Cermati paragraf berikut!

(1) Adam bercita-cita menjadi mekanik yang profesional. (2) Ia masuk ke SMK Negeri 3 Yogyakarta pada program keahlian Mesin Otomotif. (3) Untuk mencapai keinginannya, ia merasa perlu kuliah pada jurusan Mesin Otomotif. (4) Saat ini ia menjadi pembantu mekanik sebuah bengkel. (5) Sekarang ia masih duduk di kelas XII SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Kalimat opini dalam paragraf di atas terdapat pada ….

  1. kalimat (1) dan (2)                    
  2. kalimat (3) dan (4)
  3. kalimat (1) dan (3) 
  4. kalimat (4) dan (5)
  5. kalimat (2) dan (3)

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.


2.


Bacalah paragraf berikut dengan saksama

Bagi bangsa Indonesia, bahasa Indonesia merupakan simbol dan identitas kultural maupun politis yang menjadi rantai pengikat kuat dalam membangun kebersamaan sebagai sebuah komunitas di dalam keberanekaragaman kepentingan. Sebagai sebuah rantai pengikat, bahasa Indonesia yang dideklarasikan sebagai identitas tunggal kebahasaan telah berarti mampu mempersatukan beragam kepentingan dan latar belakang etnis maupun agama. Berdasarkan hal ini, sudah selayaknya revitalisasi penggunaan bahasa Indonesia melalui program pembelajaran di sekolah harus selalu ditingkatkan dari hari ke hari.

Simpulan isi paragraf di atas adalah ….  

  1. Bahasa Indonesia merupakan simbol identitas kultural maupun politis yang sudah selayaknya direvitalisasi penggunaannya melalui program pembelajaran di sekolah.
  2. Sebagai rantai pengikat dalam pembangunan keberagaman kepentingan.
  3. Bahasa Indonesia yang sudah dideklarasikan sebagai identitas tunggal kebahasaan mampu mempersatukan beragam kepentingan.
  4. Kebersamaan sebagai sebuah komunitas mampu diwujudkan oleh bahasa Indonesia sejak dideklarasikan sebagai identitas tunggal kebahasaan.
  5. Revitalisasi penggunaan bahasa Indonesia melalui pembelajaran di sekolah-sekolah harus ditingkatkan dari hari kehari

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.


3.


(1) Kini, 1,3 miliar penduduk dunia bekerja di pertanian dan 2,5 miliar jiwa menggantungkan hidupnya pada sektor ini. (2) Di negara berkembang 50% lebih penduduk bekerja di pertanian bahkan di negara miskin porsinya 85%. (3) Di negara-negara itu sektor pertanian menjadi gantungan hidup dan penyedia pangan utama. (4) Eronisnya perputaran uang dunia yang 80% lebih berputar di sektor industri dan perdagangan, termasuk sektor keuangan. (5) Dari proporsi tersebut mencerminkan bahwa mayoritas petani di seluruh penjuru dunia adalah miskin.

 Kalimat yang efektif dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor … .

  1. 1,2 dan 3                                                        
  2. 2,3 dan 4
  3. 1,3 dan 4                                                      
  4. 3,4 dan 5
  5. 1,2 dan 5

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.


4.


Perhatikan wacana di bawah ini!

Di Sulawesi Selatan kami mengunjungi benteng Port Roterdam, makam Diponegoro, makam Sultan Hasanudin, dan menikmati suasana malam sepanjang pantai Losari, Ujung Pandang. Kunjungan ke objek-objek wisata daerah itu selalu mendapat kesan. Tidak jarang para peserta safari berdecak kagum. Dari situlah diharapkan rasa cinta tanah air bisa tumbuh.

Penggalan wacana di atas merupakan bagian dari jenis laporan … .

  1. praktik kerja
  2. wawancara
  3. seminar
  4. karya wisata
  5. perjalanan

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.


5.


Kalimat tanya yang memerlukan jawaban “Ya” atau “Tidak” terdapat pada kalimat….

  1. Bagaimana kondisi korban pasca gempa?
  2. Mengapa hal itu bisa terjadi
  3. Kapan kita memperingati bulan bahasa
  4. Apakah saran saya bisa diterima?
  5. Apa yang menyebabkan tanah longsor?

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.


6.


Bacalah teks berikut dengan cermat!

Banyak orang tua, guru dan mungkin teman kita memberikan nasihat agar kita belajar jauh hari sebelum waktu pelaksanaan ujian tiba. Tidak sedikit buku tentang cara belajar yang juga memberikan nasihat demikian. Secara umum kita semua setuju, terutama ketika kita masih duduk di bangku sekolah, agar belajar secara bertahap dan sistematis

 Paragraf di atas menginformasikan tentang ....

  1. nasihat orang tua agar kita belajar sebelum pelaksanaan ujian tiba
  2. nasihat guru agar kita belajar jauh sebelum pelaksanaan ujian tiba
  3. seorang teman yang mengingatkan agar kita belajar sebelum ujian tiba
  4. banyak buku tentang cara belajar yang mengingatkan agar kita belajar sebelum pelaksanaan ujian tiba
  5. selagi duduk di sekolah hendaknya kita selalu belajar secara bertahap dan sistematis

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.


7.


Cermati paragraf berikut ini dengan baik!

PT Krakatau Steell sempat menghadapi masalah. Hal ini terjadi pada pertengahan tahun sembilan puluhan. Pada saat itu pasar baja dunia sedang kelebihan pasok. Di pasar baja dunia terjadi perang harga. Baja Krakatau Steell terpaksa diturunkan harganya. Akan tetapi, kebutuhan dana negaranegara produsen seperti Brasil, Korea, dan Rusia tidak dapat mengimbangi modal pembeliannya.

 Gagasan utama paragraf di atas adalah ....

  1. perang harga antarprodusen baja
  2. krisis harga baja terjadi di pasar dunia
  3. upaya yang dilakukan PT Krakatau Steell
  4. permasalahan yang dihadapi PT Krakatau Steell
  5. negara-negara produsen baja tidak dapat mengimbangi modal pembeliannya

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.


8.


Bacalah dengan cermat teks berikut ini!

Ada yang tidak adil dalam kasus ini. Kemampuan serap alami hutan terhadap kandungan karbon di udara dan pengendalian kenaikan suhu atau peredam gas rumah kaca (GRK) hampir tidak ditonjolkan. Peran hutan yang sebenarnya diandalkan untuk menetralisasi buangan karbon dari negara industri maju seakan disembunyikan. Yang muncul justru sikap negara maju yang terus menyalahkan negara berkembang, khususnya Indonesia karena dianggap lalai menjaga kelestarian hutannya. Bahkan tekanan dan hambatan dalam ekspor hasil-hasil hutan juga dihubungkan dengan meningkatnya pemanasan global tersebut yang notabene mayoritas dibuat oleh mereka sendiri.

Tanggapan positif terhadap teks di atas adalah ...

  1. Harus disadari bahwa Indonesia banyak memberikan andil terhadap pemanasan global.
  2. Penebangan hutan secara liar di Indonesia membuat suhu udara semakin meningkat.
  3. Sudah sewajarnya negara-negara maju menuduh negara-negara berkembang sebagai penyebab terjadinya pemanasan global.
  4. Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang tidak mampu menjaga kelestarian hutan.
  5. Negara-negara maju hendaknya menyadari bahwa buangan karbon produknya banyak diserap oleh hutan negara-negara berkembang.

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.


9.


Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Salah satu ciri negara berkembang adalah cepatnya pembangunan di segala sektor. Akibat pesatnya perkembangan pembangunan tersebut, acapkali lahan produktif dijadikan sebagai tempat pembangunan industri. Jika hal ini tidak diperhatikan maka dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

 Arti kata lahan produktif dalam teks di atas adalah ....

  1. lahan yang gersang
  2. lahan yang subur
  3. banyak menghasilkan
  4. tempat yang strategis
  5. lahan yang cocok untuk berbisnis

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.


10.


Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Ia dilahirkan di kalangan keluarga petani sederhana. Ia termasuk anak yang selalu berbakti kepada orang tua. Pendidikannya dalam bidang militer mengantarkannya smpai menjadi orang nomor satu di Indonesia. Selama kepemimpinannya banyak orang yang segan kepadanya. Namun, siapa tahu ia lengser dengan cara yang sangat menyedihkan. Banyak orang yang memuji kepadanya, namun tak sedikit orang yang mencacinya.

 Dilihat dari bentuknya, teks bacaan di atas termasuk ....

  1. biografi
  2. otobiografi
  3. esai
  4. kritik
  5. kisah

Pelajaran: Bahasa Indonesia | Kelas: XII | Semester: 2 | Ditambahkan oleh : MARYADI, S.Pd.



Halaman : 1 | [2] [3] [4] [5] [6] [7]

Total : 63 soal




Info & Pengumuman

PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) KELAS X - XI

Senin, 5 Maret 2018 | 00:42 WIB

Mulai 19 Maret 2018

...


ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP KELAS X - XI

Senin, 5 Maret 2018 | 00:41 WIB

Tanggal 5 - 14 Maret 2018

...


TES KHUSUS KOMPETENSI (untuk CALON SISWA BARU)

Rabu, 14 Juni 2017 | 12:32 WIB

TES KHUSUS KOMPETENSI bagi CALON SISWA BARU dilaksanakan pada Har SENIN, 19 Juni 2017 Mulai Pukul 07.30 - selesai

...


Pengumuman Lainnya..


Login E-Learning Siswa

NIS. :
Password :
Register |